Persamaan Serta Perbedaan Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP

Persamaan dan Perbedaan Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP

Antara motor Honda Vario 125 eSP dengan 150 eSP memang merupakan dua buah produk Honda yang banyak dibilang mirip. Padahal sebenarnya, kedua varian tersebut merupakan dua varian yang berbeda. Dari segi kapasitas mesin, keduanya memang berbeda.

Jadi, walau ada hal yang memang dibuat sama, akan tetapi perbedaan keduanya tetap ada. Nah, mengenai apa saja persamaan juga perbedaan Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP disini kami akan berikan informasinya untuk Anda!

Persamaan dan Perbedaan Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP

Pada part pertama kali ini kita akan membahas tentang persamaan antara Vario 125 eSP dan 150 eSP yang memang sudah seperti saudara kembar ini. Adapun hal yang menjadi persamaan keduanya meliputi :

  • Sama – sama memiliki headlamp LED
  • Didukung opsional fitur Rem CBS (combi brake system)
  • Didukung opsional fitur ISS
  • Memiliki spesifikasi kelistrikan yang cenderung sama
  • Didukung fitur stand switch system atau standard otomatis
  • Memiliki dimensi sama baik pada bagian panjang, lebar atau jarak tanah
  • Memiliki ban yang tipenya sama yaitu menggunakan ban tubeless
  • Ukuran bannya sama – sama dengan ukuran 80/90/14 di bagian depan dan mencapai 90/90/14 di bagian belakang.
  • Memiliki diameter pelek yang sama dan model peleknya juga sama – sama palang Y.
  • Didukung mesin berteknologi PGM-F1, eSP dan ACG starter system

Selain memiliki kesamaan, antara Vario 125 eSP dengan Vario 150 eSP juga memiliki beberapa pembeda. Walau tak banyak orang yang mengetahuinya, namun perbedaan tersebut tetaplah perbedaan yang harus diketahui semua orang.

Adapun bedanya antara Vario tipe 125 cc dengan tipe 150 cc diantaranya :

Tampilan fisik

Jika Anda menelaah betul – betul, Anda akan temukan tampilan fisik antara Vario 125 eSP dengan Vario 150 eSP berbeda. Hanya saja memang jika tidak disandingkan, keduanya cenderung terlihat sama. Padahal sebenarnya tampilan fisiknya memiliki perbedaan.

Untuk fisik 125 cc lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan ciri fisik pada Vario tipe 150 eSP. Jadi untuk orang yang bentuk tubuhnya mungil, memilih Vario tipe 125 cc lebih akan membuat nyaman, dibandingkan tipe 150 cc. Begitu pula sebaliknya.

Tidak memiliki emblem

Pada varian 125 cc, motor tipe tersebut tidak didukung dengan emblem atau stiker kapasitas 11 “125” di bagian sayap samping depan. Sementara pada unit Honda Vario 150 cc, Anda akan temukan dukungan emblem stiker bertuliskan “150” yang sangat jelas. Angka tersebut merupakan angka cc yang sekaligus membedakan tipe kapasitasnya.

Jadi jika ada motor yang tidak memiliki emblem logo, maka sudah bisa dipastikan bahwa motor tersebut bukan motor dengan kapasitas 150 cc. Melainkan motor tersebut merupakan varian motor 125 cc.

Menggunakan kaki – kaki yang kokoh

Beralih pada bagian kaki – kakinya, Honda series 125 eSP keluaran terbaru sudah menggunakan rangka kaki yang kokoh. Anda akan temukan penggunaan bahan Aluminium Alloy Diecast dimana seperti yang kita tahu bahwa material tersebut merupakan suatu material yang sangat ringan dan kokoh.

Jika kita mencoba untuk mengcompare bagian kakinya. Pada kaki – kaki Vario tipe 125 cc akan terlihat jelas bedanya pada merk pelek dengan varian 150 eSP. Pada tipe All New Vario 125 cc menggunakan pelek yang diproduksi oleh Pako.

Sementara pada motor Vario dengan tipe All New Vario 150, menggunakan pelek yang merupakan pelek buatan Enkei Indonesia.

Backlight speedometernya berbeda

Jika kita melihat bedanya pada siang hari, perbedaan ini susah untuk ditebak. Akan tetapi pada malam hari, Anda bisa menebaknya dengan mudah.

Warna speedometer untuk Vario 150 dan tipe 125 cc jelas berbeda. Pada Vario tipe 125 cc, warna dari speedometernya adalah orange seperti yang ada pada Old Vartech 110. Sementara untuk varian 150 cc Vario, warna speedometernya lebih terkesan mewah dan menghadirkan warna biru dengan kombinasi putih yang sangat canggih.

Fitur penunjangnya berbeda

Jika pada motor All New Honda Vario tipe 125 cc, Anda akan ditawarkan dengan tipe standar CBS non ISS dan tipe CBS – ISS. Anda bisa memilih salah satu yang Anda inginkan. Namun pada varian 150 cc, fitur CBS – ISS bukan suatu pilihan karena all varian New Honda Vario 150 cc sudah dibekali fitur ISS. Bahkan pada varian 150 cc, fitur Answer Back System sudah melengkapinya.

Jadi itulah beberapa aspek yang menjadi pembeda antara Vario 125 eSP dengan Vario 150 eSP. Anda bisa memilih salah satu varian tersebut sebagai varian motor andalan Anda.