Sejarah Motor Yamaha

Sejarah Sepeda Motor - YAMAHA RX100

Sepeda Motor Yamaha menjadi salah satu motor yang banyak digunakan oleh semua orang baik laki – laki dan perempuan. Di Indonesia sendiri, motor ini menjadi salah satu motor dengan banyak peminat dan pengguna. Yamaha sudah memiliki banyak produk motor yang dipasarkan, dan terus mengalami inovasi – inovasi yang sesuai dengan perkembangan jaman. Di Indonesia, produk – produk keluaran Yamaha cukup banyak peminatnya. Berbagai fitur serta teknologi canggih yang ada, motor ini higga sekarang terus mengalami peningkatan dan perkembangan menjadi salah satu motor yang bisa dibilang terbaik.

Berikut adalah ulasan sejarah mengenai motor Yamaha yang menjadi salah satu motor dengan banyak peminat.

Sejarah Sepeda Motor Yamaha

Yamaha Corporation merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini menjual berbagai macam produk dan salah satunya adalah motor.  Perusahaan Yamaha didirikan oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tanggal 12 Oktober 1887.

Di Indonesia sendiri Yamaha sudah masuk sejak tahun 1909. Saat itu masuk ke Indonesia dibawah naungan PT. YIMM ( Yamaha Indonesia Motor Manufacutring ). Yamaha berfokus pada jenis motor seperti motor bebek, matic, motor sport, ATV dan terus melakukan perkembangan.

Produksi pertama motor Yamaha adalah Single Cylinder 2 Stroke 125 cc. Motor ini sebenarnya merupakan hasil copy dari DKW 125 cc yang berasal dari pabrikan Jerman. Produk sepeda motor pertama Yamaha ini diberi nama YA1 atau Atakombo yang dalam bahasa kanji memiliki arti Red Dragonfly atau Capung Merah. Nama motor ini diambil dari nama pesawat tempur milik Jepang. Produk pertama Yamaha ini berwarna merah sehingga mebedakan dengan motor – motor yang lain yang umumnya berwarna hitam.

Produksi pertama dari Yamaha Motor Corp ini terbilang sangat sukses. Lalu Yamaha Motor Corp berinovasi dengan menggunakan engine berkapasitas 175 cc. Saat tahun 1957 Yamaha memproduksi motor twin cylinder YDI yang memiliki tenaga hingga mencapai 20 bHp, selain itu produk ini juga memenangkan Race Mount Asma di Jepang. Motor ini diproduksi sebanyak 15.811 unit, dan masih dibawah Honda maupun Suzuki.

Produk Yamaha Dari Masa Ke Masa

Motor YAMAHA YA – 1

Motor ini adalah produk pertama Yamaha, yang memiliki basis dari motor Jerman DKW pada tahun 1930 yang lalu. Memiliki tampilan yang stylish, motor ini memiliki banyak peminat bahkan produk ini juga mendapatkan penghargaan. Motor ini menjadi kendaraan pertama di Jepang yang memiliki konsep Kick Starter.

Motor YAMAHA YD – 1

Produk ini menjadi produk kedua Yamaha yang telah mengalami perkembangan dari Yamaha YA – 1.  Motor ini adalah motor 2 tak dengan kapasitas 250 cc serta menggunakan konfigurasi parallel twin 2 silinder. Motor ini mulai masuk ke pasar Amerika ketika memasuki tahun 1960 dan pernah digunakan dalam perlombaan Grand Prix.

Motor YAMAHA Force 1

Memasuki tahun 2000 an, Yamaha mulai memrproduksi motor – motor dengan jenis motor bebek. Salah satu produk motor bebek yang ada adalah Yamaha Force 1 . Motor ini adalah motor 2 tak yang cukup laris di Indonesia saat itu. Motor Yamaha Force 1 memiliki kapasitas sebesar 110 cc. Era keemasan dari motor ini di Indonesia adalah pada saat sebelum terjadinya krisis moneter dengan banyak peminatnya.

Demikianlah ulasan singkat dari sejarah motor Yamaha dari pertama didirikan hingga masuk ke Indonesia, serta produk – produk yang terus berkembang dang mengikuti perkembangan jaman.