Berapa KM Ganti Oli

Berapa KM Jarak Sebelum Ganti Oli Untuk Sepeda Motor

Oli menjadi salah satu bagian penting untuk setiap kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor, dan ganti oli menjadi kewajiban bagi para pemilik kendaraan bermotor, agar kendaraan yang digunakan tetap dalam kondisi yang baik dan prima. Sebagian orang mungkin hanya menganggap oli sebagai pelumas, namun oli memiliki berbagai fungsi penting seperti sebagai pendingin mesin, peredam getaran hingga dapat mencegah terjadinya karat. Tentu setiap kendaraan memiliki kebutuhan oli yang berbeda dan sesuai dengan kendaraannya.

Lalu kapan saat yang tepat untuk mengganti oli kendaraan bermotor anda ? Berikut adalah ulasan berapa jauh jarak yang ditempuh sebuah kendaraan dan kapan untuk mengganti oli.

Berapa KM Jarak Sebelum Ganti Oli Untuk Sepeda Motor

Saat ini motor dibedakan menjadi motor matic dan juga motor dengan transmisi atau lebih sering disebut motor bergigi. Untuk motor matic menggunakan dua jenis oli, yaitu oli untuk mesin dan juga oli untuk gear. Karena memang motor matic bergerak karena adanya kerja dari gear pada motor.

Umumnya bila dalam hitungan bulan, kendaraan bermotor wajib untuk melakukan ganti oli  selama satu bulan sekali.

Bila dalam hitungan jarak, baik motor dengan transmisi manual maupun motor matic harus mengganti oli apabila jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 2000 km atau 3000 km dengan penggunaan kendaraan secara wajar.

Artinya bila kendaraan digunakan selama satu bulan jarak tempuh mencapai 2000 km atau 3000 km, maka kendaraan tersebut wajib untuk melakukan pergantian oli selama satu bulan sekali saja.

Ketiak anda menggunakan kendaraan bermotor dalam satu hari dapat mencapai jarak tempuh sebanyak 2000 km atau 3000 km, maka anda harus mengganti oli paling tidak selama 2 minggu sekali. Hal ini disarankan agar mesin kendaraan yang anda gunakan tidak cepat dan tidak mudah panas berlebihan, lebih cepat dingin dan tentu saja juga untuk membantu agar mesin motor tidak mengalami karat yang dapat menyebabkan kerja dari kendaraan motor menjadi kurang maksimal.

Sehingga waktu untuk dapat melakukan penggantian oli kendaraan bermotor anda sangat dipengaruhi oleh penggunaan kendaraan itu sendiri. Jika anda setiap hari menempuh jarak yang jauh, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dari kendaraan bermotor anda.

Mencatat Pemakaian Oli Kendaraan Bermotor

Agar anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor, sebaiknya anda membuat catatan. Anda dapat mencatat jarak tempuh yang telah anda lalui selama satu hari pemakaian kendaraan. Dengan mencatatnya anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa melakukan penggantian oli kendaraan anda.

Apabila anda menggunakan motor matic, untuk oli gardan atau oli gear sendiri mempunyai perbandingan 2 : 1 dengan oli mesinnya. Sehingga apabila ketika anda menggunakan motor matic dan anda mengganti oli mesin anda sebanyak 2 kali, maka anda hanya perlu mengganti oli gardan atau oli gear sebanyak 1 kali saja. Karena memang kebutuhan antara oli mesin dengan oli gear motor matic memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga anda tidak bisa sembarangan untuk mengganti oli gear tersebut.

Filter Oli

Selain mengganti oli, hal lain yang perlu diperhatikan adalah filter oli. Komponen ini terletak pada aliran sistem pelumas kendaraan bermotor. Untuk filter oli sendiri biasanya dilakukan penggantian apabila sudah mencapai jarak 8000 km atau 10000 km.