Audi RS7 Sportback 2021

Audi telah mengumumkan brand baru mereka yang akan menjadi anggota keluarga baru dari Performance RS Line. Varian terbaru tersebut merupakan tipe Audi RS7 Coupe dan telah memulai debutnya pada ajang Detroit Auto Show yang berlangsung beberapa hari yang lalu.

Datang dengan bentuk disain yang lebih sporty namun tetap mencirikan nuansa premium, Audi menjuluki model terbarunya tersebut dengan nama : Audi RS7 Sportback 2021.

Seperti yang kita ketahui, belakangan ini persaingan antara Audi, BMW, dan Mercedes di segmen coupe 4-door memang berlangsung cukup sengit. Sebelumnya BMW sudah mencuri start dengan mengeluarkan produk andalan mereka yakni M6 Gran Coupe. Sementara Mercedes yang tidak mau kalah juga sudah mengeluarkan CLS63 AMG.

Jika tidak mau tertinggal di belakang, otomatis Audi harus mengeluarkan varian baru yang dapat disandingkan dengan kedua rivalnya tersebut. Karena itulah keputusan Audi menampilkan versi high-performance dari A7 yang berwujud sebuah RS7 Sportback ini merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat.

Pada kesempatan kali ini Termos Media akan mengupas habis Profil Audi RS7 Sportback tersebut untuk melihat apa saja sih kelebihannya dibanding para rivalnya tersebut ?

EKSTERIOR

Mobil yang dilengkapi dengan suspensi udara ini tampil memukau dengan desain yang lebih agresif. Secara keseluruhan memang RS7 ini memiliki ‘wajah’ yang kurang-lebih sama dengan A7 dan S7. Namun, desainer Audi melakukan sedikit perubahan untuk membedakannya dengan kedua saudaranya tersebut.

Pada bagian depannya gril mobil ini hadir dengan motif sarang tawon dan tulisan ‘quattro’ pada bagian bawahnya. Selain itu bumper bagian depan juga mengalami modifikasi, ditambah dengan tampilan headlamp yang lebih modern, menjadikan mobil ini tampil perkasa. Untuk bagian belakangnya, hampir tidak terjadi perombakan. Audi hanya menambah kehadiran tail lamp, diffuser belakang, dan dual exhaust system yang merupakan aksesoris wajib untuk sebuah mobil sport.

Baca Juga  Perbandingan Tiga Coupe Keren

Audi RS7 Sportback memiliki lima pintu besar dan telah dilengkapi dengan Night Vision Assistant. Sistem ini dapat mendeteksi manusia yang berada di depan mobil ketika RS 7 Sportback berjalan di malam hari sehingga dapat mereduksi kecelakaan.

INTERIOR

Dari segi interior, RS7 mengalami perubahan dalam hal desain wajah. Seperti setir palang tiga dengan bagian bawahnya yang rata, lalu logo RS7 yang hadir di tengah-tengah panel instrument. Layaknya varian Audi lain, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem multimedia MMI yang ditampilkan melalui layar LCD di kokpit tengah.

Bagasi RS7 menyajikan volume 535 -1390 liter. Kemudian kabin juga dilengkapi dengan sistem audio Bang & Olufsen dan WLAN hotspot agar pengendara dan penumpang bisa terkoneksi dengan dunia luar meski berada di dalam mobil seharian.

DAPUR PACU

Agar bisa mengalahkan kedua rivalnya, sektor dapur pacu merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh pihak Audi. Karena itulah para insinyur Audi membekali coupe 5-pintu ini dengan mesin V8 4,0 liter twin-turbo TFSI yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 412 kW (560 hp) pada torsi antara 5.700 rpm dan 6.700 rpm. Untuk torsi yang dihasilkan adalah 750 Nm pada 1.750 rpm dan 5.500 rpm. Dapur pacu tersebut ditemani oleh transmisi Tiptronic 8-percepatan.

Sebagai perbandingan saat ini Mercedes menggunakan mesin twin turbo V8 dengan kapasitas 5.5 liter M157 yang juga diaopsi dalam model AMG. Sementara untuk BMW sendiri mereka memiliki mesin 4.4 liter dengan tenaga TwinPower Turbo V8, dan ini M Cars.

PERFORMA

Audi mengklaim bahwa RS7 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam (62,14 mph) dalam waktu 3,9 detik. Sementara itu untuk kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik pada angka 250 km/jam. Tapi bila Anda merasaaa kecepatan maksimum tersebut masih kurang, bisa memilih paket tambahan speed governor. Speed governor ini memungkinkan kecepatan tertinggi hingga 305 km / h (189,52 mph). Dengan hasil ini berarti menunjukkan RS7 menjadi yang tercepat bila dibandingkan dengan kedua rivalnya.

Baca Juga  Selebriti dan Mobil Mereka

Meskipun dirancang memiliki kinerja yang unggul, konsumsi bahan bakar rata-rata Sportback Audi RS7 hanya 9,8 liter per 100 km (24,00 US mpg).

Selain itu twin-scroll turbochargers dari Audi RS7 Sportback dapat menghasilkan hingga 1,2 bar tekanan boost relatif, berada bersama-sama dengan intercooler V bagian dalam cylinderbanks. Akibatnya, jalur gas sangat pendek dan responpun menjadi lebih baik.

RS-specific engine Audi RS7 Sportback berkontribusi terhadap karakter dinamis dari twin-turbo V8. Flaps Switchable dalam sistem pembuangan membuat suara mesin lebih lengkap dengan menekan tombol atau bawah percepatan yang kuat. Audi juga menawarkan sistem knalpot sport opsional untuk para penggunanya.

Dan perlu anda ketahui bahwa Audi RS7 Sportback telah menggunakan software cerdas yang disebut vectoring torsi yang mana dapat mendukung pekerjaan diferensial pada batas menikung dengan minimal pengereman roda yang berada di bawah beban berkurang.

Audi RS7 Sportback juga menawarkan diferensial olahraga opsional untuk poros belakang, yang menggunakan dua roda gigi superposisi untuk secara aktif mendistribusikan kekuasaan antara roda.

Untuk masalah Rem, Audi RS7 Sportback dilengkapi dengan rem yang sangat kuat yang berada di belakang roda yang besar. Keempat cakram internal vented fitur desain gelombang dan memiliki 390 milimeter (15,35 in) dengan diameter depan.

Mobil Audi RS7 Sportback juga menawarkan opsional 420 cakram serat karbon milimeter (16,54 di) keramik dengan kaliper abu-abu antrasit. Kontrol stabilisasi elektronik (ESC) memiliki modus Olahraga dan juga dapat dinonaktifkan seluruhnya.