Bagaimana Menjaga Mobil Anda Tetap Bersih

Membeli sebuah mobil sangatlah mudah kita tinggal menyiapkan sejumlah uang selanjutnya pergi menuju dealer untuk memilih mobil mana yang akan kita beli. Selanjutnya yang menjadi persoalan adalah setelah kita mempunyai sebuah mobil apa yang harus kita lakukan?

Tentu saja kita harus selalu merawat mobil kita tersebut sehingga akan selalu terlihat bersih dan wangi.

Apalagi saat berkendara di musim hujan masih menghampiri Jakarta dan kota-kota lainnya, membuat mobil seharga ratusan juta rupiah kita tampak kotor dan dekil. Tempat cuci mobil menjadi salah satu tujuan kita untuk menjaga penampilan mobil kita.

Namun timbul beberapa kekhawatiran dari pemilik mobil yakni takut mobilnya terkikis catnya akibat terlalu sering dicuci. Karena dengan seringnya mobil dicuci akan menyebabkan cat menjadi tipis yang selanjutnya akan tampak kusam.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pemolesan. Hanya saja harus betul-betul diperhatikan salon mobil yang dituju harus berkualitas dan menggunakan bahan-bahan yang tidak membuat cat mobil terkikis.

Kuncinya pencucian mobil harus dengan prosedur yang benar, seperti dilakukan di tempat teduh, dan prosesnya dimulai dari bidang paling kotor seperti ban.

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil di Indonesia, biasanya saat mau mencuci ban, bodinya sudah disiram. Memang maksudnya hendak menurunkan debu, padahal airnya sudah menjadi kering. Sehingga menimbulkan waterspoting.

Dan yang harus kita perhatikan, Air hujan yang mengenai mobil kita memiliki kandungan garam yang bisa menyebabkan mobil cepat berkarat. Jangan sampai karat tersebut menyebabkan kerusakan yang lebih parah yang akhirnya memaksa kita ke bengkel mobil.

Jangan meninggalkan kotoran atau garam pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering. Pemakaian wax atau pelindung cat secara rutin sekitar sebulan sekali untuk menjaga permukaan cat lebih halus dan terjaga. Wax juga berguna agar aliran air di permukaan lancar serta melindungi dari sengatan sinar matahari.

Baca Juga  Perawatan Ringan pada Kendaraan Yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Langkah terakhir, lakukan pemolesan, karena jamur dan waterspoting sering terjadi akibat kelembapan yang cukup tinggi. Pilihlah salon mobil yang memiliki prosedur pengerjaan multiple step atau terdiri dari tahapan-tahapan sehingga mampu menganalisa tingkat timbulnya jamur seperti apa.