Cara Mencari Mobil Bekas Yang Bagus

Sebagai sebuah keluarga yang belum mempunyai mobil kita pasti akan dihadapkan dengan berbagai pilihan mobil keluarga saat ini. Banyak model dan pilihan yang ditawarkan baik yang baru maupun yang sudah bekas. Semua itu akan menuntut kejelian kita untuk menentukan pilihan mana yang cocok untuk kita.

Jika kita menjatuhkan pilihan mobil keluarga kita pada mobil-mobil bekas yang berkualitas, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai macam mobil keluarga yang ada saat ini. Sebagai bahan pertimbangan kita bisa memperhitungkan mengenai resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya.

Di pasaran saat ini mobil keluarga dari pabrikan Toyota yang paling mendominasi, ada dari generasi Toyota kijang yang paling awal sampai pada kijang inova atau mungkin pilihan kita jatuhkan pada Toyota avanza ataupun Daihatsu Xenia yang mempunyai desain hampir-hampir sama.

Jika pertimbangan kita dalam mencari mobil keluarga adalah pada soal kenyamanan, mungkin kijang inova bisa menjadi salah rujukan. Dengan desain yang kompak dan kapasitas mesin yang besar mobil ini menjadi pilihan keluarga yang mapan dimana lebih mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Dibawah kijang inova ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, kedua mobil ini mempunyai desain yang sama. Dengan kredibilitas yang dimiliki oleh kedua pabrikan tersebut menjadikan kedua jenis mobil ini favorit di kelasnya. Dengan desain kabin yang lapang dan jumlah tempat duduk yang cukup untuk keluarga besar, tidak mengherankan jika mobil ini paling diminati dan bahkan pernah terjadi dimana harga jual mobil bekasnya lebih mahal dari harga barunya yang harus inden terlebih dahulu.

Jika budget kita terbatas pilihan bisa kita alihkan ke mobil bekas yang keluaran tahun lama. Untuk segmen ini Toyota Kijang masih menjadi favorit para pencari mobil bekas berkualitas. Dengan resale yang masih stabil dan perawatan yang mudah mobil ini tetap menjadi incaran.

Baca Juga  Pemeriksaan Rem Mutlak Diperlukan

Jika kemampuan budget sudah kita sesuaikan dengan jenis mobil yang akan kita beli, selanjutnya kita bisa langsung berburu mobil keluarga bekas yang menjadi incaran kita.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat berburu mobil bekas, diantaranya:

  1. Jangan membeli mobil tersebut jika Anda masih merasa bimbang.
  2. Kalau menurut Anda mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Anda mencari mobil bekas lainnya.
  3. Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya.
  4. Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran.
  5. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator.
  6. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor.
  7. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive.
  8. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.
  9. Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

Beberapa hal diatas harus selalu kita perhatikan dalam berburu mobil bekas sehingga kita akan mendapatkan mobil bekas berkualitas.