Honda PCX 155 empat katup

Honda resmi merilis new SH150i dengan mesin baru merupakan SOHC 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power) di Eropa. Mesin ini diklaim lebih cepat dengan top speed jauh lebih tinggi tapi tapi irit bahan bakar. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km, apalagi jika hanya di dorong saja. Yang menarik, pabrikan Honda ternyata juga telah menjejali fitur Traction control pada SH150i.

Disebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC), SH150i Eropa memiliki fitur yang memungkinkan ban belakang terkontrol agar tak selip. Dengan kelahiran new SH150i Honda juga menyampaikan new engine yang telah mengusung 4 katup. Mesin ini merupakan jawaban atas pertanyaan kenapa Honda nggak mengeluarkan 4 katup guna menarik potensial buyer yang menyukai dengan kinerja? Mesin yang secara spek kapabel kalahkan NMax.

Intip saja ledakan power atas yang tembus 11,9KW pada 8500 RPM. Jika kita konversi ke PS jatuhnya merupakan 16,1PS. Bandingkan dengan power new NMax 155 2020 yang bermain dikisaran 11,3KW pada 8000RPPM atau jika kita konversi jatuhnya 15,3PS. Terus gimana dengan torsi? untuk torsi mesin baru 4 katup Honda kapabel menjadikan angka. Angka ini ternyata juga unggul dari new NMAX 155 yang memiliki torsi sebesar 13.

New engine 4 valve Honda sepertinya cukup menjanjikan coik. Kendati tanpa embel-embel VVA ataupun VTEC pabrikan Honda sukses menunjukkan tajinya sebagai master di mesin 4 tak. Kenapa ? karena dengan spek hal yang demikian ternyata SH150i telah Euro 5. Euro 5 tenar tak bersahabat untuk kinerja akibat aturan emisi gas membuang yang sungguh-sungguh ketat. Gebrakan Honda diduga tak akan berhenti pada SH150i.

Baca Juga  Harga Honda CB500F

Mesin yang diklaim memakai “Low-friction technologies” ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan. Kompetisi yang perlahan-perlahan akan merusak klaim ” 4 katup” sebagai andalan bahasa taktik marketing karena dimasa depan kedua pabrikan diprediksi akan menganut mesin yang sama.

Pertanyaan hal yang demikian cukup banyak mampir ke redaksi Termos Media. Pertanyaan yang susah dijawab karena aroma kearah sana dalam waktu dekat masih sungguh-sungguh lemah. Sepertinya AHM nggak terlalu ngoyo untuk ngobrak-ngabrik segmen maxi skutik coi. Berkeinginan ini bisa Termos Media pantau kepada geliat mereka yang super rileks di segmen hal yang demikian. Produksi yang lebih konsentrasi pada segmen low entry yang menjadi lumbung Honda. Beat, Vario dan Scoopy. Termos Media lebih kuat mengecup pergerakan New Scoopy ketimbang PCX. IMHO AHM nggak bakal buru-buru karena penjualan disegmen maxi kombinasi ADV-PCX masih sungguh-sungguh baik. new PCX 155 dengan mesin 4 katup?

Mesin 150 4 katup sepertinya akan menjadi andalan Honda di masa depan. Nggak buru-buru coi, tapi potensi kesana arahnya sungguh-sungguh besar. Walau hingga detik ini Termos Media belum mengecup pergerakan kearah sana di tanah air, IMHO semua hanya keadaan sulit waktu. Apakah dengan ketidakhadiran mesin 4 katup ini Honda makin sadar bahwa mesin maxi skutik tak hanya konsentrasi pada kenyamanan dan fitur tapi power juga perlu? Faktanya rata-rata penunggang NMAX155 berbangga dan menganggap mesin mereka lebih superior diperbandingkan PCX.

Tags: , , ,