Ini Dia Motor yang Paling Jarang Dicuri

Baru-baru ini lembaga NICB (National Insurance Crime Bureau) merilis sebuah laporan tentang kasus pencurian sepeda motor yang telah terjadi di Amerika Serikat sepanjang tahun lalu, 2018. Menurut laporan tersebut, ditemukan fakta bahwa motor gede (moge) Harley Davidson merupakan kendaraan roda dua yang paling jarang dicuri di Amerika Serikat, dibandingkan dengan sepeda motor merek Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Sepanjang tahun 2018 yang lalu, tercatat bahwa kasus pencurian motor tertinggi paling banyak terjadi pada sepeda motor Honda yang membukukan catatan kasus pencurian hingga mencapai 8.260 kasus. Di peringkat kedua ada motor Yamaha yang juga sering dicuri hingga mencapai angka 6.655 kasus. Motor Suzuki merupakan motor yang paling sering dicuri urutan ketiga setelah Yamaha, dengan catatan kasus pencurian mencapai angka 4.882 kasus. Di bawahnya kemudian ada Kawasaki yang tercatat telah membukukan laporan pencurian sebanyak 4.861 kasus.

Motor buatan Amerika Serikat, Harley Davidson justru hanya berada di urutan ke-5 dengan angka kehilangan yang mencapai 4.769 unit. Tentu saja ini menjadi menarik karena di negerinya sendiri rupanya Harley Davidson tidak terlalu dilirik oleh para pencuri. Mereka sepertinya lebih tertarik pada motor-motor impor buatan Jepang. Namun ada pula analisa yang mengatakan bahwa jumlah pencurian motor Harley Davidson tidak terlalu banyak karena para pencuri takut dengan pemilik motor besar tersebut.

Lembaga NICB menambahkan bahwa kota dengan paling banyak kasus pencurian sepeda motor adalah New York (1,310), diikuti Los Angeles (628), Miami (595), Las Vegas (540), San Diego (527), San Francisco (520), Houston (460), Philadelphia (404), Austin (329) dan San Jose (322). Para pencuri sepertinya lebih memilih musim panas untuk melakukan aksi saat semua pengendara menggunakan sepeda motornya.

Baca Juga  Suzuki All New Satria F150

NICB menganalisa bahwa pada tahun 2018 yang lalu sepeda motor yang dicuri berjumlah 41.674 unit alias turun 6 persen dari tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan pencurian mobil, pencurian sepeda motor lebih sulit kembali kepada pemiliknya. Jika khusus untuk kasus pencurian mobil setidaknya ada sekitar 53,9 persen dari mobil yang dicuri berhasil dikembalikan kepada pemiliknya, maka khusus untuk kasus pencurian motor hanya 39 persen dari sepeda motor tersebut yang akhirnya bisa kembali ke pemiliknya.

Menurut NICB, kemungkinan besar kenapa sepeda motor yang telah dicuri tersebut sangat susah untuk ditemukan lagi karena aksi pencuri yang pandai menghilangkan jejak. Mereka biasanya membongkar dan mempreteli onderdil dari motor yang telah mereka curi, lalu bagian motor yang telah dipisah-pisah tersebut dijual ke pasar gelap. Sebagian lainnya juga ada yang disembunyikan dalam keadaan utuh lalu identitasnya dipalsukan. Sebagian lainnya ada yang dikirim ke luar negeri.