Komparasi Spek Antara CB150R Streetfire dan New Vixion

Kalau sobat Termos Media mengikuti, selama beberapa hari ini jagad maya lumayan dibikin geger dengan yang namanya spek power. Urusan apalagi kalau bukan tentang CB150R Streetfire dan New Vixion yang saat ini memang sedang hot-hotnya. Ya CB150R Streetfire, ya New Vixion semuanya sama saja. Masalah penulisan spek power yang berbeda-beda antara satu sumber dengan sumber yang lainnya cukup membuat para pecinta dunia motor bikin garuk-garuk kepala lantaran bingung harus percaya yang mana. Tapi okelah kita tidak akan membicarakan masalah tersebut, toh kedua motor tersebut sekarang sudah dilaunching semua jadi beberapa hal yang selama ini masih terselubung sudah mulai terbuka.

Saat ini kita semua sudah dapat mengetahui perihal spesifikasi power-torsi CB150R Streetfire dan New Vixion di atas kertas. Mesin Honda CB150R bisa menghasilkan Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm dan Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm sedangkan dari data tpt uji tipe dari New Vixion diperoleh Daya Maksimum : 12,2 kW / 8.500 rpm danTorsi Maksimum : 14,5 Nm / 7.500 rpm. Dari data ini mari kita coba memperhitungkan sebuah analisa awal namun hanya menggunakan metode hipotesa saja.

Sekilas dari data spek power tersebut dapat diketahui bahwa power CB150R memang terlihat sedikit lebih tinggi dibandingkan power New Vixion, akan tetapi power maksimum CB150R itu baru keluar di RPM yang cukup tinggi yakni 10 ribu sedangkan Vixion hanya butuh 8.500 rpm untuk bisa meraih power maksimum (bahkan torsi nyaris tak tersentuh). Padahal jika diperhatikan dari segi bobotnya juga tidak terlalu berselisih jauh diantara kedua motor ini dimana bobot kosong vixion 128 kg sementara bobot kosong CB150R 129 kg.

Baca Juga  Recall Freego – Aerox

Sebenarnya fakta ini tidak terlalu mengejutkan juga mengingat New Vixion menggunakan mesin SOHC yang membuat power dapat dicapai di rpm lebih rendah dari mesin CB150R yang menggunakan DOHC dengan kubkasi yang sama. DOHC memang unggul di putaran atas, namun jika diadu akselerasi trek pendek sudah pasti mesin SOHC yang akan ngacir duluan. Hal ini tentu memperlihatkan bahwa New Vixion sudah pasti jauh lebih lincah dibanding CB150R Streetfire jika digunakan untuk melibas jalanan yang sedang macet.

Dari sisi konsumsi bahan bakarnya, dengan power yang diperoleh di rpm lebih rendah berarti menunjukkan bahwa New Vixion tidak butuh putaran mesin yang tinggi untuk memperleh tenaga yang diinginkan. Dengan begini maka secara teori bisa dipastikan bahwa New Vixion jauh lebih irit dibandingkan CB150R Streetfire.

Tapi komparasi spek antara CB150R Streetfire dan New Vixion ini dibuat hanya berdasarkan data yang telah ada saja. Untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya masih perlu dilakukan uji coba langsung di lapangan. Setidaknya artikel ini dapat dijadikan sebagai acuan dasar saja.