Lamborghini Aventador S Roadster – Supercar Versi Atap Terbuka 2020

Baru-baru ini pihak Lamborghini merilis foto resmi dari Lamborghini Aventador yang hadir dengan versi atap terbuka (roadster). Supercar tersebut diberi nama Lamborghini Aventador S Roadster dan merupakan adik dari versi sebelumnya yang masih menggunakan atap tertutup. Peluncuran Aventador model roadster ini memiliki misi untuk melengkapi varian Aventador sekaligus melanjutkan kesuksesan versi sebelumnya yang telah berhasil terjual lebih dari 1.300 unit. Lamborghini mengklaim mobil ini merupakan roadster mereka yang paling menarik dan menetapkan standar baru di segmen mobil mewah beratap terbuka.

EKSTERIOR

Tidak ada perubahan yang terlalu mencolok antara Roadster dengan Aventador versi atap tertutup. Dari segi tampilan kita dapat melihat mobil dua pintu ini memiliki desain yang sama dengan versi sebelumnya. Salah satu yang membuat mobi inil bisa dikenali dengan mudah terletak di bagian atapnya dengan desain geometri baru dari atap sampai ke kap mesin.

Yang paling menarik perhatian dari mobil ini terletak pada atapnya. Jika mobil-mobil dengan atap terbuka mengandalkan sistem elektronik untuk membuka dan menutup atap, maka pihak Lamborghini memilih cara tradisional dengan melepaskan dan memasangkan atap secara manual. Alasan pemilihan model atap seperti ini dilakukan karena benda ini terbuat dari carbon fiber dan dikombinasikan menggunakan beberapa teknologi, seperti RTM dan Forged Composite. Efeknya adalah atap ini sangat ringan dengan bobot kurang dari 6 kg. Ketika anda ingin membuka bagian atap anda bisa menyimpan atap yang terlepas dibagian bagasi depan, dan jika anda ingin memasangnya lagi pihak Lamborghini mengklaim hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja.

Pilar bagian belakang didesain ulang agar sesuai dengan atap yang bisa dilepas. Selain itu bagian ini juga hadir dengan sistem keamanan otomatis untuk pengemudi dan penumpang mobil, juga penggunaan ventilasi baru pada bagian mesin. Untuk memberikan kenyamanan, Roadster Aventador ini juga dilengkapi dengan jendela belakang yang bisa Anda naikkan atau turunkan. Lalu di bagian ini juga terdapat deflektor angin untuk mengurangi turbulensi udara saat bagian atap dibuka. Jika jendela sedang tidak digunakan, Anda bisa menyimpannya di kompartemen bagian depan bersama dengan atap mobil. Jendela roadster ini juga memiliki tepi yang telah disesuaikan agar bisa menutup sempurna saat bagian atap dipasangkan.

Baca Juga  Lamborghini Veneno – Masterpieces Dari Italia

Sektor kaki-kaki dihiasi dengan velg baru berukuran 20 inch (depan), 21 inch (belakang) yang sangat ringan hingga seberat 10 kg.

INTERIOR

Melirik ke bagian interior, supercar yang satu ini tidak mengalami perombakan yang cukup ekstrim disbanding versi sebelumnya. Hadir dengan kabin berbalut kulit Sabbia Nefertem yang semakin menambah kesan premium pada mobil ini.

DAPUR PACU

Model roadster ini telah dibekali dengan monocoque sasis berbahan serat karbon dengan suspensi pushrod dan mid-mounting. Untuk masalah penghasil tenaga, model roadster ini masih didukung dengan mesin 6.5 liter V12 katup Lambo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 700 hp. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi semi otomatis tujuh (ISR 7) percepatan yang akan mengalirkan tenaga ke empat roda Lamborghini Aventador S Roadster. Menurut pihak Lamborghini, model roadster ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3.0 detik atau lebih lambat 0,1 detik dibandingkan versi coupe dengan kecepatan maksimun berada diangka 350 km/jam.

HARGA Lamborghini Aventador S Roadster

Untuk urusan harga, Lamborghini yang kini memiliki 7 pilihan warna bernama ini membanderol Lamborghini Aventador S Roadster seharga $460,247 atau sekitar Rp 6,9 miliar – belum termasuk pajak untuk kawasan Amerika Serikat.

Untuk harga penjualan skala internasional masih belum diumumkan. Namun satu hal yang pasti bahwa Lamborghini Aventador S Roadster ini akan mengawali debut perdananya nanti di Miami, Florida sebelum membuat debut internasionalnya di ajang pameran internasional di Los Angeles Auto Show 2021 mendatang.