Pelanggaran Lalu Lintas Yang Sering terjadi Di Jalan

Para pengemudi mobil maupun pengendara motor yang setiap hari melintasi jalan raya harus paham betul dengan peraturan lalu lintas yang ada di jalan raya. Jangan sampai melakukan pelanggaran lalulintas yang dapat menyebabkan kerugian bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Sebagai pengguna jalan raya sudah selayaknya kita mengikuti peraturan yang ada, karena kecelakaan lalulintas disebabkan oleh banyak faktor. Pelanggaran-pelanggaran terhadap marka jalan dalam skala besar berakibat memicu timbulnya kecelakaan. Dalam skala kecil mungkin hanya akan menyebabkan hukuman tilang oleh pihak yang berwajib.

Denda tilang dari pelanggaran yang kita lakukan mungkin tidak seberapa, tapi jika pelanggaran tersebut sampai menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas dan kerugian yang ditimbulkan akan berlipat-lipat. Bahkan bisa sampai menyebabkan korban nyawa.

Salah satu pelanggaran lalulintas yang kerap kita lakukan di jalan raya dan tidak kita sadari adalah kurang menjaga jarak aman antara kendaraan di depan dan belakang. Sebab, dengan menjaga jarak yang aman antara kendaraan di depan dan belakang, maka risiko terjadi kecelakaan, semaksimal mungkin bisa dihindarkan.

Yang dimaksud dengan jarak aman adalah jarak yang harus diambil oleh pengendara yang berada di belakang terhadap kendaraan yang ada di depannya. Sehingga pengendara masih dapat melakukan antisipasi bila terjadi suatu hal yang sifatnya mendadak, tanpa membahayakan pengguna jalan yang lain (di depannya). Menjaga jarak aman sangat penting untuk menghindari bahaya kecelakaan lalu lintas atau tabrakan beruntun.

Jarak aman yang harus diambil, tergantung kondisi kendaraan atau situasi jalan itu sendiri, misal keadaan gerimis yang menyebabkan jalan lebih licin. Saat kondisi jalanan licin resiko kecelakaan lalulintas semakin besar, sehingga jarak aman kita usahakan lebih panjang.

Baca Juga  Harga Motor Honda CB150 Verza 2020

Kenyataan di lapangan, jarak antar kendaraan di depan dan di belakang hanya berkisar sekitar dua hingga empat meter. Lalu bagaimana mengatasi agar kecelakaan lalulintas bisa dihindari? Yang pasti selalu menyalakan lampu isyarat saat hendak merubah jalur dan bergeraklah pada saat yang tepat dengan gerakan yang tidak memotong jalur pengendara lain.

Tags: ,