Pemeriksaan Rem Mutlak Diperlukan

Rem merupakan salah satu komponen pada mobil yang sangat vital keberadaannya. Rem sangat menentukan keselamatan kita sebagai pengendara, untuk itu perawatan dan pemeriksaan juga servis rem sangat mutlak kita lakukan sehingga kinerja rem akan selalu optimal.

Apa saja yang perlu kita lakukan supaya kerja dari rem mobil kita dapat optimal?

Sebelumnya kita harus tahu dahulu tipe-tipe rem yang ada pada mobil kita, ada dua tipe rem yang biasa diaplikasikan pada sebuah mobil. Rem mobil tipe tromol dan rem mobil tipe hidrolis. Dan perawatan yang dibutuhkan untuk masing – masing tipe tersebut berbeda – beda.

Untuk melakukan cek rem mobil tipe tromol lebih sederhana dibandingkan dengan rem mobil tipe hidrolis. Kita hanya perlu melakukan pengecekan pada kampas rem dan kabel penariknya tanpa harus pergi ke bengkel mobil. Kampas rem biasanya akan habis setelah dipakai beberapa lama. Kampas rem yang sudah habis bisa dideteksi dengan kemampuan pengereman yang sudah berkurang atau bisa juga dari adanya suara berdecit sewaktu kita melakukan pengereman. Untuk tipe rem seperti ini saat ini sudah jarang diaplikasi karena kemampuan pengeremannya tidak sebaik rem hidrolis.

Untuk tipe rem hidrolis pemeriksaan kita lakukan pada kampas rem dan juga pada mekanisme hidrolisnya. Untuk kampas rem sama juga seperti tipe rem tromol, setelah dipakai beberapa lama kampas rem akan mengalami keausan untuk itu harus selalu dipantau kondisinya.

Sedangkan untuk mekanisme hidrolisnya disini kita harus selalu mengecek kondisi minyak rem dan juga saluran – salurannya. Minyak rem yang dipakai disini berbeda dengan minyak maupun oli yang biasa dipakai untuk pelumasan. Minyak rem mempunyai kemampuan terhadap tekanan dan juga terhadap panas. Biasanya spesifikasi minyak rem ditunjukkan dengan DOT, jadi pilihlah minyak rem yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan obil kita.

Baca Juga  Pelanggaran Lalu Lintas Yang Sering terjadi Di Jalan

Saluran – saluran minyak rem juga rawan terhadap kebocoran untuk itu lakukan pengecekan terhadap saluran tersebut secara rutin. Disamping itu kebocoran – kebocoran juga biasa terjadi pada bagian sil master silinder rem maupun pada kalipernya.

Dengan kondisi rem mobil yang selalu prima kita juga pasti akan lebih nyaman saat mengendarainya.