Perawatan Ringan pada Kendaraan Yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Perawatan mobil tidak selama harus dilakukan di bengkel mobil, karena ada beberapa item dari perawatan mobil yang dilakukan di bengkel mobil yang bisa kita lakukan di rumah. Apa saja perawatan yang bisa kita lakukan di rumah? Yang jelas perawatan tersebut bersifat ringan dan tidak membutuhkan keahlian khusus, tapi jika perawatan tersebut diabaikan akibatnya akan fatal terhadap mobil.

Perawatan yang bisa kita lakukan di rumah diantaranya yaitu perawatan ban mobil. Perawatan ban mobil tidak membutuhkan keahlian khusus, pada perawatan ban mobil hanya dibutuhkan pemeriksaan tapak ban dan tekanan ban. Pemeriksaan tapak ban secara visual dengan mengamati ketebalan tread nya atau batikannya. Ada indikator untuk mengetahui tingkat keausan dari ban, jika keausan telah melewati indikator tersebut berarti ban sudah saatnya untuk diganti.

Lainnya yang bisa kita lakukan adalah cuci mobil kita sendiri, ada beberapa hal dalam mencuci yang harus kita lakukan agar tidak merusak cat mobil. Dalam cuci mobil yang sangat penting adalah penggunaan sampo yang dipakai untuk membersihkannya.

Dalam melakukan cuci mobil harus dengan prosedur yang benar, seperti proses proses cuci mobil dimulai dari bidang paling kotor seperti ban. Hal ini untuk mencegah resiko terbawanya kotoran pada bodi mobil bagian atas dan berpotensi menimbulkan baret.

Perawatan aki mobil juga bisa kita lakukan sendiri di rumah, perawatan aki mobil meliputi pemeriksaan cairan elektrolitnya. Cairan elektrolit aki harus berada dalam batas yang dianjurkan, jika cairan sudah berkurang untuk menjaga keawetan aki sebaiknya segera diisi ulang dengan air aki. Selain itu juga menjaga kebersihan terminal – terminal harus selalu dilakukan, karena kotoran dan kerak yang menempel di terminal – terminal berpotensi mengganggu arus aki yang mengalir.

Baca Juga  Harga Suzuki Karimun Wagon R Bakal Naik !

Pemeriksaan air radiator juga bisa dilakukan sendiri, jika air radiator sudah berkurang sebaiknya segera diisi lagi dengan cairan pendingin khusus untuk menghindari terjadinya over heat pada mesin.

Selain menjaga kondisi air radiator, pemeriksaan saluran – saluran radiator juga bisa dilakukan sendiri. Jangan sampai air radiator menjadi berkurang karena saluran – saluran bocor.