Perbandingan Tiga Coupe Keren

Sekedar mengingatkan. Toyota dan Subaru memang sudah menjadi bahan perbincangan semenjak keputusan mereka untuk bekerja sama dalam mengembangkan sebuah sport coupe yang dapat menampilkan kesan modern namun bersahabat dari segi harga. Semenjak saat itu banyak pecinta dunia otomotif yang menunggu dengan tidak sabar bagaimana produk yang akan dikeluarkan oleh kedua pabrikan asal Jepang tersebut. Akhirnya Toyota kemudian mengeluarkan GT-86 yang terinspirasi dari generasi sebelumnya 2000GT dan Corolla AE86. Sebenarnya GT-86 dan Scion FR-S merupakan seri yang hampir identik. Kedua mobil tersebut hanya memiliki sedikit perbedaan. Ini juga berlaku pada Subaru BRZ yang hanya memiliki sedikit perbedaan di bagian fitur dibanding 2 mobil tersebut. Dari segi pemasaran, GT-86 lebih dikenal di pasar Eropa dan Asia, sementara FR-S lebih dikenal di pasar Amerika. Lalu bagaimana dengan Subaru BRZ ? Khusus untuk sport car yang satu ini kita dapat menemukannya di semua aspek pasar.

Lalu sekarang yang jadi pertanyaannya adalah : Apa saja perbedaan diantara ketiga mobil ini ?

Karena alasan itulah Termos Media pada kesempatan kali ini akan mengulas beberapa perbedaan dan persamaan diantara Toyota 86, Scion FR-S dan Subaru BRZ.

Ketiga mobil tersebut sama-sama dibekali mesin dari Subaru, yakni 2.0-liter empat silinder, dan mampu memproduksi daya 200 tenaga kuda dan 151-ft torsi. Toyota bertanggung jawab penuh pada gaya dan penampilan sementara Subaru bertanggung jawab pada bagian pengembangan mesin. Lalu apa yang terjadi ? Toyota berkali-kali dipuji karena kualitas mesinnya yang membuat irit di bahan bakar sementara tampilan eksteriornya walaupun sebagian orang memujinya karena dianggap memiliki desain yang menarik tapi tidak sedikit juga yang memanggap tampilannya kurang maksimal. Dari sini kita dapat melihat hasil kerja siapa yang paling beres diantara kedua pabrik tersebut.

Baca Juga  Review The All New Santa Fe - The Grand Santa Fe

Dari segi eksterior sekilas kita dapat melihat persamaan diantara ketiga mobil ini. Tapi ada sedikit perbedaan diantara GT-86 dan BRZ pada bagian depannya jika kita melihatnya dengan sedikit lebih teliti. Jika pada GT 86 lampu sein diletakkan dekat dengan lampu kabut, sementara pada BRZ lampu tersebut terintegrasi dengan lampu utama. Selain itu gril BRZ hadir dengan motif kotak-kotak, sedangkan GT 86 dan FR-S memiliki motif sarang tawon. Untuk urusan roda, ketiga mobil ini sama-sama menggunakan standar 17-inch.

Pada bagian belakang kita dapat melihat bentuk dan desain yang hampir serupa. Lihat saja tampilannya pada foto di atas.

Mari kita intip bagian interiornya. Toyota GT-86 dan BRZ memiliki fitur stereo yang lebih baik dengan menggunakan teknologi digital dibandingkan FR-S yang masih menggunakan gaya konvensional. Ketiga mobil ini sama-sama memiliki desain interior yang minimalis dengan kursi belakang yang dapat dilipat untuk memperluas kapasitas ruang bagasi.