Perkembangan Harga Motor Beat dari Tahun ke Tahun

Motor Beat merupakan salah satu motor matic andalan sebagian besar penduduk di Indonesia. Tercatat, motor Beat merupakan motor matic termurah yang ada di pasaran dengan berbagai varian.

Desain yang trendi dan body yang tidak terlalu besar membuat motor ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari perempuan, pria, tua, muda bahkan sampai anak-anak pun menyukai motor ini. Perkembangan harga motor beat dari tahun ke tahun pun mengalami perubahan sesuai generasi dan tipe yang diluncurkan.

Penjelasan Jenis dan Harga Motor Beat dari Tahun ke Tahun

Meskipun motor ini merupakan motor matic yang masih digemari hingga sekarang, sejatinya motor beat merupakan salah satu motor matic tertua. Beat generasi pertama diluncurkan pertama kali pada tahun 2008 dengan nama Honda Beat 2008. Generasi pertama Honda Beat ini menggunakan desain yang sangat sederhana. Mesin yang digunakan pun masih menggunakan pengkabut bahan bakar karburator dengan jenis mesin 108 cc SOHC. Kapasitas tangki BBM Honda Beat generasi pertama adalah 3,5 liter dengan rem depan menggunakan cakram dan rem belakang menggunakan tromol. Di generasi awal, Honda Beat dibanderol dengan harga sekitar Rp. 12 jutaan.

Memasuki tahun 2010, Honda kembali merilis varian Beat dengan nama Honda Beat 2010. Honda tidak melakukan perombakan di dalam jeroan motor tersebut namun sisi desain menjadi fokus Honda. Honda Beat generasi kedua memiliki desain dengan warna dan corak yang berbeda dengan generasi sebelumnya namun ukuran body antara generas pertama dan kedua masih sangat identik. sama seperti generasi pertama, perubahan harga tidak terlalu signifikan. Honda Beat generasi kedua dibanderol dengan harga Rp.12.500.000 sampai Rp.13.000.000.

Pada tahun 2012, Honda kembali merilis varian terbaru Beat dengan nama Honda Beat Injeksi PGM FI. Desain yang diusung oleh Beat versi ini sangat berbeda dengan dua generasi sebelumnya. Di versi 2012, desain Beat jauh lebih gemuk dan berisi. Kemudian desain lampu depan jauh lebih stylish dan modis. Penggunaan fuel injection menjadikan konsumsi bahan bakar jauh lebih irit 30% dibandingkan karburator. Penggunaan kompresi mesin dengan perbandingan 9.2:1 membuat penggunaan Beat lebih nyaman. Harga motor beat dari tahun ke tahun pun naik tergantung versi dan jenisnya. Untuk versi 2012, motor ini dihargai sekitar Rp. 14 jutaan.

Baca Juga  Aprilia Scarabeo 200 – Scooter Dari Negeri Pizza!

Antusias masyatakat terhadap Beat semakin besar. Hal ini membuat Honda kembali memperbaharui varian Beat. Tahun 2016, Honda merilis Honda Beat All New. Banyak bagian yang mengalami perubahan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Salah satu perubahannya adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih longgar dan kapasitas tanki BBM yang menjadi 4 liter. Tidak hanya itu, di bagian speedometer, Honda mendesain perpaduan antara analog dan digital yang menambahkan kesan eksklusif. Fitur unggulan dari versi paling mutakhir dari Beat ini di antaranya adalah ECO Indicator, headlamp, cast wheel atau velg yang menggunakan desain yang lebih modern, sporty dan kekinian.

Sejatinya, untuk generasi 2020, Honda merilis dua versi Beat. Versi satunya lagi adalah Honda Beat Street. Varian ini diperuntukan untuk pria. Hal ini terlihat dari desain yang digunakan dengan mengusung tema “laki”. Lekukan tegas dapat Anda temukan di sekujur body motor. Selain itu, penggunaan warna yang tidak terlalu banyak menambah kesan “laki” dari motor ini. Harga motor beat dari tahun ke tahun pun mengalami perubahan seiring lahirnya versi terbaru. Untuk versi 2016, Honda Beat All New dibanderol seharga Rp. 17.250.000. sedangkan untuk versi Honda Beat Street dibanderol dengan harga Rp.17.150.000

Tags: ,