Review The All New Santa Fe – The Grand Santa Fe

Saat ini Hyundai sedang gencar-gencarnya mempromosikan salah satu varian mobil SUV terbaru mereka di Indonesia yakni “All-New Hyundai Santa Fe”. Generasi ketiga Hyundai Santa Fe ini hanya menawarkan 1 pilihan mesin saja namun aksi yang dilakukan oleh pihak Hyundai Indonesia demi memperkenalkan produknya ini dilakukan secara besar-besaran dan bertahap dari satu kota ke kota lainnya. Aksi ini wajar saja dilakukan karena kalau menilik pasar Indonesia sepertinya memang konsumen kebanyakan belum terlalu simpatik dengan mobil keluaran pabrik asal Korea Selatan tersebut dan lebih cenderung milirik pada mobil keluaran pabrik-pabrik Jepang.

Termos Media kali ini akan mengulas tentang Review All New Hyundai Santa Fe sebagai bahan referensi bagi anda yang mungkin sedang ingin mengetahui lebih dalam tentang mobil tipe SUV ini.

EKSTERIOR

Dari segi interior tentu orang-orang akan mulai beranggapan bahwa mobil ini masih mengusung gaya Korea seperti yang telah terjadi pada mobil-mobil generasi terdahulunya. Namun untungnya kali ini Hyundai sudah berani bereksplorasi untuk memberikan gaya Eropa pada New Santa Fe yang satu ini.

Lihat saja dari desain lampu depan trapesiumnya yang menggunakan bohlam HID dan grille depan trapesium besarnya yang bernuansa krom. Di samping itu, terdapat pula sepasang lampu kabut mewah yang ditanamkan Hyundai pada bumper depan Santa Fe untuk memberikan kesan sporty. Indikator belok pada kaca spion sampingnya yang dapat dilipat secara elektrik pun cukup unik.

Pada bagian belakang tampak kaca belakang lebar mendominasi dan dipasangkan dengan sepasang lampu kombinasi belakang LED, lampu spoiler rem pada atap belakang, serta sepasang lampu kabut belakang yang semakin mengindikasikan bahwa mobil ini adalah sebuah SUV kelas atas. Lalu, knalpot ganda yang diletakkan pada bumper belakangnya seolah-olah ingin memberikan kesan sedikit garang pada mobil bertipe SUV ini.

Baca Juga  Tips Berkendara Waktu Hujan

Kesan mewah juga ditampilkan dari bilah gril berlapis krom dan pelek alloy berukuran 19 inci. Secara keseluruhan bisa dibilang mobil ini tampil menawan dari segi desain eksteriornya.

INTERIOR

Masuk ke dalam sebenarnya tidak ada yang bisa dikatakan terlalu “wah” atau terlalu. Dashboard tampil dengan gaya yang simple dan tidak terlalu berlebihan. Namun untungnya pengaplikasian kulit pada jok dan setir yang dilakukan dengan cukup apik dapat sedikit mengobati kekecewaan ini. Pengaturan kursi pengemudi secara elektrik juga menjadi salah satu kelebihan yang dapat membuat aktivitas mengemudi di mobil ini menjadi lebih nyaman.

Panoramic roof yang dapat dibuka secara elektris juga digadang-gadang sebagai kelebihan dari mobil ini biarpun sepertinya fungsi ini tidak akan terlalu efektif kalau digunakan di Indonesia. Jadi bisa ditebak bahwa ini hanya akan menjadi kelebihan yang mubazir. Namun setidaknya Santa Fe terbaru ini cukup berpotensi menjadi mobil keluarga mengingat ruang kabin yang ditawarkan bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan SUV CRDI lainnya serta penerapan bangku model 7-seater yang tentunya akan memberikan kapasitas angkut yang lebih besar pada mobil ini.

Tidak lupa ntuk memanjakan penumpang SUV ini, Hyundai Santa Fe juga dilengkapi dengan unit pendingin kabin belakang dan zona ganda, kontrol iklim otomatis, cruise control, sistem audio dengan port USB dan Aux, dan sunroof.

Untuk keselamatan berkendara, Hyundai telah mempersiapkan Santa Fe dengan rem cakram berventilasi tipe floating calipers untuk roda depan, rem cakram tipe floating calipers untuk roda belakang, ABS, kontrol traksi, dan 2 kantung udara.

DAPUR PACU

The Grand Santa Fe SUV berkapasitas tujuh penumpang ini didukung mesin terbaru Hyundai untuk jenis diesel yakni turbo CRDi E-VGT common rail dengan kapasitas 2.200 cc. Dipadu dengan sistem penggerak roda depan (FWD) dan transmisi otomatis 6 kecepatan Shiftronic, daya yang dihasilkan pun mencapai 196 bhp dengan torsi 437 Nm.

Baca Juga  New BMW Z4 Roadster 2020 – Tetap Klasik Namun Makin Menggoda

PERFORMA

Ketika mesin dihidupkan, suasana kabin senyap, sepertinya karena peredam suara aero acoustic yang konon katanya mampu meredam kebisingan suara dari luar.

Handling ringan dan mantap, sementara suspensi tetap terasa empuk padahal menggunakan velg ukuran 19.

HARGA The Grand Santa Fe

Saat ini All New Hyundai Santa Fe yang hadir dalam pilihan warna Vanilla White, Phantom Black, Titanium Silver, Red Merlot, Ocean View dan Arabian Mocha ini dibanderol dengan harga Rp. 526 Juta – Rp. 643 Juta. Sebagian orang berpendapat bahwa mobil ini masih terlalu mahal mengingat fitur-fiturnya yang dinilai masih kurang maksimal. Namun sebenarnya jika dilihat dari klasifikasinya sebagai Big SUV maka harga tersebut rasanya masih bisa dimaklumi.