Tindakan Darurat Saat Mengalami Kecelakaan Mobil

Sebagai pengemudi di jalan kita akan selalu dituntut untuk ekstra hati-hati. Meskipun kita sudah mengemudi secara hati-hati kadang kecelakaan tetap saja menimpa kita. karena kecelakaan mobil terjadi bukan hanya disebabkan oleh kesalahan kita, tapi kadang kita menjadi korban dari kelalaian pengemudi lain. Tindakan ini perlu anda ketahui sebagai bekal dalam perjalanan jauh seperti perjalanan mudik kekampung.

Jika hal itu terjadi tindakan apa yang harus kita lakukan? Jangan sampai kesalahan dalam mengambil tindakan memperparah kondisi kita maupun korban lain. Sebisa mungkin minimalkan jumlah korban saat kita mengalami kecelakaan.

Yang pertama harus kita lakukan saat mengalami kecelakaan mobil adalah tetap bersikap tenang, jangan sampai kita menjadi panik. Karena kepanikan bisa menyebabkan kita tidak bisa berpikir dengan cepat dan tepat.

Usahakan kaki lepas dari pedal gas, rem maupun pedal kopling jangan sampai setelah kita mengalami kecelakaan kita jadi panik dan menginjak pedal sekenanya. Jika yang diinjak pedal rem nggak jadi masalah, tapi jika pedal gas yang diinjak hal tersebut akan menambah korban kecelakaan yang baru. Jadi sebisa mungkin kaki diangkat dan tangan meraih hand rem untuk menghentikan laju mobil kita.

Selanjutnya sebisa mungkin keluar mengecek apakah ada rembesan bahan bakar dari mobil. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada rembesan bahan bakar yang berpotensi terjadinya kebakaran. Jika kita sudah tenang dan bisa mengendalikan diri, bawa mobil kita kesisi kiri dari jalan raya. Jangan sampai mobil kita biarkan di tengah jalan yang akhirnya akan menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Yang terakhir, jika anda ingin menghubungi polisi jangan tinggalkan mobil anda begitu saja dipinggir jalan. Nyalakan lampu darurat sehingga pengendara lain akan tahu jika ada kecelakaan dan menurunkan kecepatan mobilnya.

Baca Juga  Selebriti dan Mobil Mereka
Tags: