Tips Berkendara Waktu Hujan

Ketika panas terik pada siang hari belum pasti hari akan cerah sepenuhnya. Sekarang ini ketidakjelasan cuaca sering terjadi, hujan bisa saja turun tiba-tiba ketika panas terik siang hari. Ketika hujan mulai turun tiba-tiba kita harus waspada dalam berkendara. Berikut adalah pantangan dalam berkendara diwaktu hujan :

1. Jangan terlalu pinggir
Kondisi jalan raya biasanya dibuat landai untuk jalannya air ke drainese. Sehingga tumpukan air akan lebih tinggi dipinggir jalan dibanding dengan tengah jalan yang sering menyebabkan genangan air. Jika terlalu pinggir, sama saja melintasi genangan air yang bisa menyebabkan potensi buruk untuk keamanan dan keselamatan anda.

2. Jangan menggunakan lampu jauh.
Ketika hujan turun pasti langit akan gelap, sehingga logikanya kita harus menyalakan lampu. Tetapi penggunaan lampu yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan pengendara lain, yang bisa mengurangi keselamatan dalam berkendara. Jadi, pastikan headlamp mobil anda dalam kondisi normal tidak terlalu tinggi.

3. Jangan menerobos genangan air.
Seperti yang sudah dijelaskan menerobos genangan air bisa menyebabkan bahaya. Karena kita tidak mengetahui seberapa dalam genangan air tersebut. Seringkali pengendara mematok agar orang lain menerobosnya terlebih dahulu untuk mengetahui dalamnya genangan. Tetapi akan lebih baik jika kita menghindarinya, karena kita tidak tahu apa yang terdapat di dalam genangan tersebut.

4. Jangan terobos hujan badai.
Mobil memang lebih aman dibandingkan dengan motor jika dalam keadaan hujan. Akan tetapi hal ini belum tentu berlaku jika hujan turun sangat deras. Karena hujan deras mengurangi jarak pandang pengemudi, sehingga keselamatanpun menjadi taruhannya. Lebih baik mengurangi kecepatan, berhenti sejenak menunggu hujan lebih reda.

5. Jangan ngebut.
Kondisi jalan ketika hujan deras menjadi lebih licin. Kecepatan rotasi ban yang terlalu tinggi akan menyebabkan ban mobil melayang pada air dan mengakibatkan hilangnya daya cengkeram ban terhadap jalan. Ketika mengalami hal seperti ini, tetaplah fokus dan mengerem secara perlahan hingga daya cengkeram ban kembali normal.

Baca Juga  Daftar Mobil Termahal Didunia Tahun 2021