Tips Ganti Oli Agar Motor Awet dan Tahan Lama

Apakah anda seorang pengguna sepeda motor? Apakah anda tahu kapan anda harus mengganti oli mesin? Atau anda justru  tidak tahu bahwa oli mesin harus diganti secara berkala? Sebagai pengguna sepeda motor, anda harus tahu kapan seharusnya anda mengganti oli mesin dari motor anda. Berikut beberapa tips mengganti oli mesin untuk kendaraan kesayangan anda.

Tips ganti Oli untuk Motor Kesayangan Anda

  1. Jangan Mencampur Oli dari Merek yang Berbeda

Jangan mencampur oli dengan merek yang berbeda untuk dimasukkan ke mesin motor anda. Merek yang berbeda berpotensi memiliki kandungan yang berbeda. Bukan tidak mungkin kedua pencampuran tersebut justru membuat mesin motor anda justru rusak. Jika memungkinkan, jangan melakukan pergantian oli mesin terlalu sering agar motor terbiasa dengan oli yang anda pakai. Gunakan oli merek terpercaya yang direkomendasikan oleh teknisi.

  1. Jangan Gunakan Oli Bekas untuk Melumasi Rantai

Jika anda melakukan penggantian oli di bengkel sembaranga, biasanya teknisi akan melumaskannya pada rantai agar oli tidak terbuang sia-sia. Padahal, hal itu tidak boleh dilakukan karena akan memperpendek umur rantai motor anda. Gunakan saja pelumas rantai yang memang sudah didesain khusus untuk keperluan tersebut.

  1. Lakukan Proses Ganti Oli Saat Mesin Sudah Dingin

Tips selanjutnya adalah lakukan proses gani oli saat mesin motor sudah dingin. Mengapa? Karena ketika mesin motor anda sudah dingin (sudah lama dimatikan), oli akan lebih mudah turun dan dikeluarkan sehingga tidak akan tercampur dengan oli baru yang akan diisi ke motor.

  1. Ganti Oli Sesuai Jadwal

Rutin mengganti oli juga merupakan satu hal yang penting. Jika anda menggunakan motor anda untuk perjalanan sehari-hari (sekitar 2.000-3.000 km), anda sebaiknya mengganti oli setiap satu bulan sekali. Namun jika anda jarang menggunakan motor anda, anda bisa mengganti olinya sekitar 2-3 bulan sekali.

  1. Pilih Oli Sesuai Spesifikasi Motor
Baca Juga  Harga Motor Honda CB150 Verza 2020

Memilih oli yang tepat untuk motor anda juga langkah yang penting. Carilah oli yang sesuai dengan motor anda seperti untuk motor matic atau motor bebek. Gunakan juga spesifikasi oli yang digunakan sehari-hari dan bukan oli untuk balap motor karena komposisinya pasti berbeda. Jika anda memaksanya, motor anda bisa menjadi taruhannya.

  1. Lakukan di Bengkel terpercaya

Melakukan proses merawat sepeda motor memang sebaiknya dilakukan di bengkel terpercaya. Karena selain olinya dijamin ori, teknisi yang mereka miliki tentu lebih berpengalaman. Anda juga bisa menunggu dengan nyaman saat motor anda dikerjakan.

Layanan Ganti Oli Murah di Nambo Motor

Nah sekarang anda sudah tahu kan beberapa tips untuk mengganti oli secara rutin. Nah, Anda bisa melakukan proses ganti oli serta servis motor di Nambo Motor yang sudah terpercaya. Di Nambo Motor, layanan ganti oli bisa dikerjakan tanpa antri loh! Jadi anda bisa menghemat waktu. Anda bisa datang langsung ke Nambo Motor pukul 08.00 sampai 20.00 atau melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi 081 585 040 104 (pada jam kantor).

Harga ganti oli di Nambo motor juga sangat murah, hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 45.500 untuk pengguna motor matic dan Rp 43.500 untuk pengguna motor cub. Terjangkau bukan? Yuk lakukan penggantian oli di bengkel terpercaya Nambo Motor sekarang juga!

Nah itulah tadi artikel lengkap mengenai akibat servis motor di tempat sembarangan serta informasi layanan servis dari Nambo Motor yang sudah terpercaya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat!

Tags: ,